Sunday 13 June 2010

Drip And Scracth

Masih Tetap dengan tema abstrak yang sama.. akan tetapi dengan teknik yang berbeda.. kali ini variasi yang saya gunakan adalah oscilloscope dan lazysussan.. oscilloscope menghasilkan tekstur yang baik dan garis-garis yang rupawan.. sedangkan lazysussan menghasilkan detail lingkaran-lingkaran..

saya sangat menyukai fractal saya yang satu ini karena memiliki tekstur yang baik sekali.. bisa dibilang sangat menyerupai drip-painting karya Pollock.. akan tetapi di sisi lain masih menunjukka citarasa fractal yang ada, yaitu dengan adanya "kemustahilan bentuk", yaitu pada pola lingkaran dan garis-garis lurus..

secara komposisi warna pun demikian.. sangat solid hasil yang didapatkan.. ada yang bilang warnanya menyerupai warna-warna yang sering digunakan pada seni vector.. memang sih kalau dilihat memang demikian.. dan memang itu tujuan saya memilih warna-warna ini..

banyak yang bilang bahwa menciptakan karya abstrak dengan apophysis itu mudah.. akan tetapi itu hanya berlaku bagi para noobie saja yang tidak tahu bagaimana cara apophysis bekerja.. bagi saya, hal yang paling sulit dalam penciptaan suatu fractal adalah menciptakan karya abstrak. karena pada filosofinya, fractal itu menuntut keteraturan, bukan absurditas.. nah sedangkan kita tahu, karya abstrak adalah sebuah gambar yang memiliki tingkat absurditas yang tinggi..
Abstrak yang saya maksudkan disini bukanlah abstrak yang hanya sekedar penterjemahan dari random batch.. akan tetapi abstrak yang saya maksud disini adalah abstrak yang benar-benar abstrak, sekaligus mencerminkan sifat fractal didalamnya.. sifat fractla yang saya maksudkan adalah "kemustahilan" yang mucul dalam sebuah gambar, yang tidak mungkin dihasilkan pada lukisan abstrak yang sebenarnya.. Kalian boleh berkata bahwa saya hanyalah plagiat dari kenyataan dengan menghasilkan fractal yang meniru bentukkan nyata.. saya tidak menyangkal hal tersebut.. akan tetapi saya tetap memberikan citarasa fractal pada setiap karya saya dengan memasukkan unsur "ketidakmungkinan" tersebut..

No comments:

Post a Comment